Article Detail

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA PRASARANA PENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

PEMANFAATAN  PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA PRASARANA PENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Oleh : Robertus Suka Yuliana, S.Pd.

 

Beberapa alasan untuk melaksanakan kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan ruang perpustakaan.adalah sebagai berikut:

1.       Perpustakaan sekolah adalah bagian sarana prasarana sekolah yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan karena menyediakan fasilitas buku-buku bacaan, dan layanan-layanan lain yang akan membantu pengembangan sekolah sebagai lembaga pendidikan. Alasan pertama ini ingin menegaskan bahwa fungsi perpustakaan berbeda dibandingkan dengan fasilitas sekolah yang lain, misalnya fasilitas Olahraga, Kantin, Ruang Kesenian. Perpustakaan mempunyai potensi besar untuk bisa menjadi sebuah ruang kelas, ruang belajar, ruang untuk mengembangkan wawasan, tetapi juga ruang untuk beristirahat namun tetap produktif karena bisa dilakukan dengan membaca bacaan bacaan ringan.

2.       Perpustakaan sekolah menyediakan segala fasilitas untuk pembelajaran. Pemahaman dan pengertian, peran, fungsi dan tata kelola perpustakaan secara mendasar, perlu dilakukan oleh guru sehingga dapat melakukan kegiatan belajar mengajar di perpustakaan dengan efektif. Kegiatan ini menjadi wujud nyata dari satu keinginan untuk memberikan peran terhadap keberadaan perpustakaan. Pada kenyataannya ada satu kebiasaan yang perlu dipertimbangkan kembali ketika ada KBM di perpustakaan. Contoh yang sering masih ditemukan adalah ketika penggunaan ruang perpustakaan sebagai ruang kegiatan belajar mengajar dengan alasan karena jam kosong atau guru yang bersangkutan tidak berada di sekolah. Seandaipun itu terjadi mestinya  ada satu perencanaan yang cukup bisa dipertanggungjawabkan dan terlebih ada komunikasi dengan petugas perpustakaan supaya siswa juga memanfaatkan potensi perpustakaan sebagai penyedia buku. Untuk menghindari berbagai kemungkinan negatif tersebut maka semestinya guru sudah memprogramkan di dalam RPP mereka di  mana, mengapa, dan bagaimana pelaksanaan KBM akan dilaksanakan di perpustakaan. Komunikasi dengan petugas layanan perpustakaan perlu dilakukan sebelum KBM dilaksanakan untuk menghindari terjadinya tumbukan jadwal, atau supaya petugas perpustakaan bisa membantu mempersiapkan bahan pustaka yang kemungkinan akan dipergunakan. Supaya komunikasi terjalin dengan lancar bisa dibuat satu grup di media sosial misalnya Grup WA Perpustakaan, atau semacamnya.

3.       Fungsi perpustakaan di sini bisa juga menyediakan buku /informasi kepada siswa terkait tentang materi ajar. Tersedianya berbagai contoh pendukung pada aneka buku/bacaan yang relevan dan sudah dipersiapkan sebelumnya akan membantu siswa untuk memperkaya pandangan. Maka perpustakaan harus sudah disiapkan sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan, sehingga guru akan sangat terbantu untuk menjelaskan materi ajar. Bahkan lebih dari itu guru bisa memberikan tugas yang berupa unjuk kerja dan hasilnya adalah satu buah artikel, atau kliping yang sesuai dengan tema yang up to date.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment