Article Detail
PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA PRASARANA PENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
PEMANFAATAN
PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA PRASARANA PENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR
Oleh : Robertus Suka Yuliana, S.Pd.
Beberapa alasan untuk melaksanakan kegiatan Belajar
Mengajar dengan menggunakan ruang perpustakaan.adalah sebagai berikut:
1.
Perpustakaan
sekolah adalah bagian sarana prasarana sekolah yang mempunyai potensi besar
untuk dikembangkan karena menyediakan fasilitas buku-buku bacaan, dan
layanan-layanan lain yang akan membantu pengembangan sekolah sebagai lembaga
pendidikan. Alasan pertama ini ingin menegaskan bahwa fungsi perpustakaan
berbeda dibandingkan dengan fasilitas sekolah yang lain, misalnya fasilitas
Olahraga, Kantin, Ruang Kesenian. Perpustakaan mempunyai potensi besar untuk
bisa menjadi sebuah ruang kelas, ruang belajar, ruang untuk mengembangkan
wawasan, tetapi juga ruang untuk beristirahat namun tetap produktif karena bisa
dilakukan dengan membaca bacaan bacaan ringan.
2.
Perpustakaan
sekolah menyediakan segala fasilitas untuk pembelajaran. Pemahaman dan
pengertian, peran, fungsi dan tata kelola perpustakaan secara mendasar, perlu
dilakukan oleh guru sehingga dapat melakukan kegiatan belajar mengajar di
perpustakaan dengan efektif. Kegiatan ini menjadi wujud nyata dari satu
keinginan untuk memberikan peran terhadap keberadaan perpustakaan. Pada
kenyataannya ada satu kebiasaan yang perlu dipertimbangkan kembali ketika ada
KBM di perpustakaan. Contoh yang sering masih ditemukan adalah ketika
penggunaan ruang perpustakaan sebagai ruang kegiatan belajar mengajar dengan
alasan karena jam kosong atau guru yang bersangkutan tidak berada di sekolah.
Seandaipun itu terjadi mestinya ada satu
perencanaan yang cukup bisa dipertanggungjawabkan dan terlebih ada komunikasi
dengan petugas perpustakaan supaya siswa juga memanfaatkan potensi perpustakaan
sebagai penyedia buku. Untuk menghindari berbagai kemungkinan negatif tersebut
maka semestinya guru sudah memprogramkan di dalam RPP mereka di mana, mengapa, dan bagaimana pelaksanaan KBM
akan dilaksanakan di perpustakaan. Komunikasi dengan petugas layanan
perpustakaan perlu dilakukan sebelum KBM dilaksanakan untuk menghindari
terjadinya tumbukan jadwal, atau supaya petugas perpustakaan bisa membantu
mempersiapkan bahan pustaka yang kemungkinan akan dipergunakan. Supaya
komunikasi terjalin dengan lancar bisa dibuat satu grup di media sosial
misalnya Grup WA Perpustakaan, atau semacamnya.
3.
Fungsi
perpustakaan di sini bisa juga menyediakan buku /informasi kepada siswa terkait
tentang materi ajar. Tersedianya berbagai contoh pendukung pada aneka
buku/bacaan yang relevan dan sudah dipersiapkan sebelumnya akan membantu siswa
untuk memperkaya pandangan. Maka perpustakaan harus sudah disiapkan sebelum
kegiatan belajar mengajar dilaksanakan, sehingga guru akan sangat terbantu
untuk menjelaskan materi ajar. Bahkan lebih dari itu guru bisa memberikan tugas
yang berupa unjuk kerja dan hasilnya adalah satu buah artikel, atau kliping
yang sesuai dengan tema yang up to date.
-
there are no comments yet